Gurita Terdalam Dunia Ada di Palung Jawa

Gurita Terdalam Dunia Ada di Palung Jawa

Penampakan Gurita Terdalam di dunia © BBC/ATLANTIC PRODUCTIONS FOR DISCOVERY CHANNEL

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Seekor gurita tertangkap kamera hidup di kedalaman 4,3 Mil atau 6.920 meter di bawah permukaan laut Palung Jawa. Ini merupakan temuan gurita terdalam pertama di dunia.

Gurita ini ditemukan oleh kelompok peneliti Ekspedisi Five Deeps, yaitu adalah proyek yang melihat pemodal Texas Victor Vescovo menggunakan kapal selam ke sektor terdalam dari lima samudera utama di Bumi.

Dilaporkan oleh Kumparan, tim peneliti melaporkan temuan itu di jurnal Marine Biology. Mereka mengatakan gurita yang tertangkap kamera merupakan spesies gurita Grimpoteuthis atau populer dengan nama gurita “Dumbo”.

Nama Dumbo sendiri terinspirasi dari tokoh kartun Disney karena bentuk sirip gurita tersebut mirip dengan telinga karakter gajah Dumbo.

Kelompok peneliti tersebut berhasil menjepret gurita tersebut di kedalaman 5.760 meter dan 6.920 meter di Palung Jawa setelah satu setengah tahun menjelajahi dasar laut Samudera Hindia. Kedua hewan tersebut memiliki panjang masing-masing 43 cm dan 35 cm.

"Seperti biasa, kami merekam banyak hal [dalam ekspedisi]. Tapi kemudian tiba-tiba di tengah penyelaman sekitar 6.000 meter, gurita Dumbo ini hanya terbang dengan kamera," ujar Dr Alan Jamieson, ahli Ekologi Laut sekaligus pemimpin ekspedisi, seperti dikutip dari lansiran CNN.

Dr Jamieson. Foto: BBC
Dr Jamieson. Foto: BBC/FIVEDEEPS.COM


Jepretan penampakan gurita Dumbo diabadikan menggunakan sistem kamera otonom dari kapal yang dilepaskan di dasar laut. Di kedalaman nyaris 7 ribu meter, kamera hanya menangkap gambar selama empat menit.

"Dan benda ini (gurita) keluar dari kegelapan, merangkak ke kamera. Yakni dumbo octopus yang lainnya," jelas Dr Jamieson dikutip dari lansiran Detik.

Dr Jamieson menjelaskan bahwa hewan yang dapat hidup di kedalaman seperti itu memerlukan adaptasi khusus karena tekanan bawah laut yang tinggi.

“Mereka perlu melakukan adaptasi pada sel dalam tubuh mereka. Jika kita ibaratkan sel seperti balon, sel akan hancur ketika berada pada tekanan tinggi. Jadi, mereka perlu semacam kecerdasan biokimia untuk memastikan dapat hidup,” jelasnya seperti diberitakan oleh BBC.

Gurita Dumbo. Foto: BBC/NOAA Ocean Exploration & Research
Gurita Dumbo. Foto: BBC/NOAA Ocean Exploration & Research



Jamieson berharap penemuan timnya ini mampu mengubah persepsi masyarakat tentang mahkluk yang hidup di laut dalam yang kerap dianggap sebagai monster yang seram dan menakutkan.

"Ini hanyalah gurita kecil yang lucu, dan dia melakukan apa yang biasa gurita lakukan. Tidak ada yang aneh tentang itu," pungkas Jamieson dikutip dari lansiran Detik.

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Sejarah Hari Ini (10 Juni 2009) - Terpanjang Se-Indonesia, Jembatan Suramadu Sebelummnya

Sejarah Hari Ini (10 Juni 2009) - Terpanjang Se-Indonesia, Jembatan Suramadu

Dasa Darma Pramuka jadi Rujukan Perilaku Komunitas Harley-Davidson Selanjutnya

Dasa Darma Pramuka jadi Rujukan Perilaku Komunitas Harley-Davidson

Indah Gilang  Pusparani
@indahgilang

Indah Gilang Pusparani

http://www.indahgilang.com

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.