Pertama Kalinya Indonesia Melakukan Sensus Penduduk Secara Online

Pertama Kalinya Indonesia Melakukan Sensus Penduduk Secara Online

Sensus penduduk pada tahun 2020 akan dilaksanakan secara online © Pikiran Rakyat

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Memasuki era digital kini apapun semakin mudah untuk dilakukan dengan online. Salah satunya sensus penduduk di Indonesia. hal ini dilakukan oleh negara Indonesia untuk pertama kaliny. Badan Pusat Statistik (BPS) menggunakan sistem online dalam melakukan sensus penduduk. Caranya pun lebih sederhana masyarakat hanya perlu menyiapkan kartu tanda penduduk elektronik dan kartu keluarga (KK) yang didalamnya terdapat nomor induk kependudukan (NIK).

Periode sensus penduduk 2020 online ini akan dimulai tanggal 15 Februari – 31 Maret 2020. BPS sendiri mendapat support dari Badan Siber dan Sandi Negara, Institut Teknologi Bandung, Biro Statistik Australia, dan juga Kementrian Komunikasi dan Informatika. Support tersebut mempunyai tujuan supaya menguatkan jaringan komunikasi, internet, dan keamanan data.

Dikutip dari kompas sensus penduduk yang biasanya dilakukan dalam 10 tahun tersebut mempunyai tujuan untuk menghasilkan satu data kependudukan. Nantinya data kependudukan tersebut akan sangat bermanfaat sebagai data dasar untuk membuat perencanaan di berbagai bidang.

Oleh karena itulah pihak dari BPS meminta untuk keikut sertaan masyarakat secara aktif untuk mengisi sensus tersebut dengan baik dan jujur.

Sensus penduduk yang dilakukan dengan cara online kini dinilai lebih mudah | Indonesiabaik

Data penduduk dalam Sensus Penduduk 2020 juga nantinya akan menjadi dasar untuk pemerintah dalam membuat berbagai kebijakan seperti, pendidikan, pangan, kesehatan, dan perumahaan. Tak hanya itu, sensus penduduk juga akan menjadi parameter demografi dan moralitas lainnya untuk indikator tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGS).

Untuk lebih jelas bagaimana tata cara mengikuti sensus penduduk secara online, anda bisa mengunjungi website resmi dari Sensus Penduduk 2020 melalui link berikut ini bps.go.id lalu masukkan NIK sesuai yang ada dengan KTP dan nomor KK serta kode captcha yang tertera pada layar lalu klik “cek keberadaan”.

Sumber | InfoPublik

Langkah selanjutnya membuat kata sandi yang berlaku untuk seluruh anggota keluarga, nantinya setia KK hanya memerlukan satu password. Setelah itu layar kaca anda akan memunculkan 2 pertanyaan dasar antara lain nama, tempat dan tanggal lahir, agama, tepat tinggal, pendidikan, dan juga pekerjaan.

Namun, apabila masyarakat mengalami kendala dalam memasukkan data dapat mencoba selama 3 kali. Masyarakat juga tak perlu khawatir kalau melewatkan tahap pertama sensusu penduduk ini masih ada tahap kedua yakni, pencacahan lanjutaan secara konvensial.

Refrensi: BPS | Kompas | Katadata

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Lokasi Ternak Tuna Terbaik Dunia Ada di Indonesia Sebelummnya

Lokasi Ternak Tuna Terbaik Dunia Ada di Indonesia

Bersama TNI Gerakan #IkutBantu Lawan Covid-19 Lakukan Penyemprotan Desinfektan Selanjutnya

Bersama TNI Gerakan #IkutBantu Lawan Covid-19 Lakukan Penyemprotan Desinfektan

chelsea sivana sofie maria
@chelseasivana

chelsea sivana sofie maria

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.